Senin, 27 Desember 2010

penyebab ternyadinya uban

  

Proses terjadinya uban seringkali dihubungkan dengan bertambahnya usia. Namun ada juga penyebab lain yang bisa mendorong munculnya uban walau usia masih terbilang muda.Faktor genetik merupakan faktor penyebab yang cukup kuat. Jika ayah atau ibu kita sudah beruban ketika menginjak usia 30-an, maka kemungkinan besar kita pun akan mengalami hal yang sama.

penjeasan

Uban adalah rambut yang berubah warna menjadi abu-abu kemudian putih. Rambut asli orang Indonesia pada umumnya memiliki warna hitam atau gelap karena memiliki kandungan kadar melanin yang lebih tinggi. Saat rambut berubah menjadi putih dan menjadi uban, terjadi proses perubahan kadar melanin. Pada uban yang berwarna putih melanin tidak lagi diproduksi, sehingga rambut baru tumbuh tanpa mendapatkan pewarnaan dari melanin.

munculnya uban disebabkan oleh banyak hal. Yang paling utama adalah karena faktor genetik atau keturunan. Uban terjadi karena pigmen rambutnya sudah tidak ada lagi. pigmen inilah yang menentukan warna rambut.

Ada 2 macam pigmen rambut, yaitu :

1.Pigmen eomelanin..
Pigmen eomelanin biasanya terdapat pada orang-orang berkulit berwarna, seperti Asia, Arab, India dan sebagainya. "Pigmennya berwarna gelap, hitam. Jadi, rambut dan kulitnya pun berwarna gelap."

2.Pigmen feomelanin..
Pigmen ini terdapat pada orang-orang kulit putih. "Pigmennya berwarna kuning. Tapi, bukan berarti mereka tidak punya pigmen eomelanin. Mereka tetap punya, tapi prosentasinya sedikit. Orang Asia juga punya pigmen feomelanin, meski tidak banyak. Kan tidak semua orang Asia berkulit dan berambut hitam."


 factor penyebab timbulnya uban


Faktor lain yang dapat menjadi penyebab timbulnya uban adalah: 1) Stres, 2) Kurang gizi, 3) Syok, 4) Kekhawatiran atau kesedihan yang terlalu dalam, 5) Ketegangan, dan 6) Sakit keras. Kondisi tersebut akan memperlambat produksi pigmen sehingga muncullah rambut putih atau uban.



 pencegahan

Sejumlah cara (tips) yang dapat dilakukan untuk mengurangi atau mencegah timbulnya uban adalah:
1. Memberi nutrisi yang cukup pada rambut. Vitamin A membantu menjaga kesehatan kulit kepala dan membuat rambut lebih bersinar. Vitamin A banyak terdapat dalam sayuran hijau, dan buah-buahan berwarna merah dan kuning.
2. Vitamin B berperan dalam melancarkan produksi minyak untuk menjaga kelembaban dan kesehatan rambut. Vitamin B banyak terdapat dalam sayuran hijau daun, sereal, hati, yogurt, pisang.
3. Mineral yang esensial bagi rambut adalah zinc, zat besi, dan copper. Banyak terdapat pada daging, ayam, sayuran, telur, biji-bijian, dan makanan laut (sea food).
4. Protein, terutama nabati amat penting untuk menjaga tekstur rambut dan membuatnya tetap bersinar. Banyak terdapat dalam biji-bijian, terutama kedelai.
5. Terapkan pola hidup sehat, tingginya tingkat stres akan mempercepat munculnya uban
6. Konsumsilah nutrisi yang bergizi, rambut putih muncul karena produksi pigmen warna rambut yang disebut melamin terhambat. Dengan menkonsumsi nutirsi yang bergizi maka prosuksi peigmen tersebut akan ikut meningkat.


Quote:
Pola hidup sehat dan menkonsumsi makanan yang bergizi akan sangat membantu untuk mencegah timbulnya uban. Uban yang muncul pada usia muda merupakan warning (peringatan) bahwa pola hidup kita tidak sehat dan harus segera di perbaiki sebelum terlambat.
 pengobatan tradisional
Ada satu pengobatan dengan cara tradisional menggunakan santan kelapa. Caranya pakailah air santan kelapa, kelapa parutnya juga diambil dicampur dengan santan, tambahkan air nanas, air jeruk nipis. Pakailah untuk keramas 2x seminggu. Hasil perasan bisa dipakai berkali-kali.

0 komentar:

Posting Komentar

TEKAN CTRL + KLIK SALAH SATU LINK IKLAN DIBAWAH UNTUK MENGHILANGKAN KOTAK INI
Mohon Maaf Atas Ketidaknyamanannya
.

Text Widget

tracking

eXTReMe Tracker